Monday, November 11, 2013

Cara Membuat Link dalam Satu Halaman

Apakah Anda ingin memberi kemudahan kepada pengunjung berupa shortcut (jalan pintas) untuk menuju satu bagian tertentu dalam satu halaman postingan Anda?

Atau menambahkan sebuah link kembali ke atas, sehingga pengunjung dapat melihat menu navigasi postingan Anda atau area manapun dalam satu halaman posting?

Jika ya, nah itulah yang saya maksud dengan membuat link dalam satu halaman. Hal ini sangat berguna, jika postingan Anda cukup panjang, dan terdiri dari beberapa bagian. Dengan link ini, pembaca dapat dengan mudah melompat ke bagian yang menarik bagi mereka tanpa harus lelah melakukan scrolling.

Bagaimana cara membuatnya? Ternyata caranya sangat mudah:

1. Menentukan nama target
Pilih bagian artikel mana yang ingin dijadikan sebagai target link, bisa berupa sebuah paragraf, sub judul atau apapun yang Anda inginkan. Lalu buatlah id="nama-apa-saja", Anda dapat memberi nama apa saja, selama nama tersebut sama antara target dan link nantinya. Namun, usahakan tanpa spasi, karena spasi akan berubah menjadi karakter "%20" di address bar browser, sehingga sedikit kelihatan ruwet.

Sebagai contoh, akan tampak seperti ini:

<div id="nama-apa-saja">
    //konten 
</div>

2. Membuat link ke target
Untuk membuat link, caranya sangat mudah:

<a href="#nama-apa-saja">link teks</a>

atau jika target berada pada halaman lain, menjadi:

<a href="nama-halaman.html#nama-apa-saja">link teks</a>

Bagaimana? Mudah sekali bukan? Jika artikel Anda cukup panjang dan terdiri dari banyak sub judul dan bagian-bagian, sangat baik menggunakan teknik ini untuk mempermudah pembaca mancari informasi yang dibutuhkannya. Salah satu contoh posting yang saya buat seperti itu adalah: tips sukses untuk freelancer.

Jika masih ada yang kurang jelas, silakan manfaatkan kolom komentar untuk bertanya. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.


0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © Sort Informasi Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger